Mengenal Musik Tradisional Keroncong Tugu



Keroncong Tugu

   Keroncong Tugu merupakan peninggalan penjajahan Portugis yang masih ada hingga sekarang. Keroncong Tugu merupakan  musik yang di bentuk  oleh sekelompok orang Portugis. Kelompok orang tersebut pada waktu itu dalam keadaan di kucilkan oleh pemerintahan Hindia Belanda. Untuk menghibur diri , mereka membentuk kelompok musik yang di beri nama Keroncong Tugu.

Keroncong Tugu diambil dari nama sebuah kampung, Kampung tersebut bernama Tugu. Kampung Tugu terletak  di sisi Jalan Cakung  Cilincing tepatnnya di Jalan Raya Tugu, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing. Kampung Tugu diyakini  sebagai kampong tertua  di Kota Jakarta. Di situlah banyak bermukim  keturunan Portugis  yang sudah menjadi warga Betawi. Di kampong Tugu pula kesenian Keroncong di percaya bermula, hingga terkenal ke mancanegara.

Keroncong Tugu dibentuk pada tahun 1661. Dahulunya Keroncong Tugu nama aslinya adalah Orkes Poesaka Keroncong Moresco Toegoe, Anno 1661. Keroncong Tugu merupakan orkes khas kampung tugu. Masyakat menganggap  pendiri musik Keroncon Tugu adalah orang Portugis. Nama masyarakat sekitar kampong tugu umumnya  adalah nama nama orang portugis dan kebanyakan menganut agama kristen. Tempat beribada mereka  di gereja kuno tugu. Gereja tersebut berdiri pada tahun 1661.

Para pemain Keroncong Tugu adalah Laki-laki dan penyanyinya seorang perempuan. Alat musiknya masih tetap sperti awal sejak berdiri, yaitu :

-Biola
·         -Okulele dengan lima senar
·         -Banyo
·         -Gitar
·         -Rebana
·         -Kempul dan
·         -Sello

Lagu lagu yang tidak pernah ditinggalkan adalah lagu lagu lama seperti:
·         -Kaparinyo (bahasa Portugis)
·         -Keroncong Moresco
·         -Stambul Betawi Tempo Dulu
·         -Sambul Jampang
·         -Sinyo Betawi
·         -Lieve (bahasa Belanda)
·         -Gordel Van Smaragd (bahasa Belanda)
·         -Pota-Pota-Pota (bahasa Portugis
·         -Nina Bobo (bahasa Portugis)
·         -Baladiti (bahasa Portugis)

Kostum yang dipakai para pemain Keroncong Tugu ialah memakai baju koko, topi baret, dan syal yang menggantung di leher.

2 Responses to "Mengenal Musik Tradisional Keroncong Tugu"